sybro's Profile on Ping.sg Hanya dengan komputer rumah, seseorang menemukan 4 planet baru ~ Bongkar Rahasia
Unduh Adobe Flash player

Tuesday, November 6, 2012

Hanya dengan komputer rumah, seseorang menemukan 4 planet baru

Seorang pria asal Inggris, Peter Jalowiczor telah berhasil menemukan 4 planet asing di luar angkasa.

Peter Jalowiczor sangat mencintai dunia astronomi, tetapi ia tidak mempunyai teleskop untuk melakukan penelitiannya. Lalu ia memanfaatkan 2 buah komputer rumah miliknya untuk menemukan 4 planet asing.

Jalowiczor mengatakan bahwa ia menggunakan dua buah komputer rumahnya dan menghabiskan waktu selama tiga tahun, untuk menganalisa data yang dirilis oleh Lick-Canegie Planet Search Team dari University of California, Santa Cruz, California.

Dia menggunakan pectroscopy Doppler untuk melacak planet-planet yang lokasinya terlalu jauh jika dilacak dengan menggunakan teleskop.

"Saya melihat pada perubahan perilaku pada bintang-bintang, yang hanya bisa disebabkan oleh planet atau planet yang mengitari mereka"

"Jika planet mengorbit pada sebuah bintang, maka itu akan menyebabkan sedikit goyangan pada pergerakan bintang tersebut. Dan goyangan tersebut terlihat pada cahaya bintang tersebut" ujar Jalowiczor.

"Begitu saya bisa mengidentifikasinya, saya akan mengirimkan informasi detilnya ke Lick-Canegie Planet Search Team di Santa Cruz," jelas Jalowiczor.

 Berkat kecintaan dan ketekunannya, iapun diberi penghargaan karena telah menemukan 4 buah planet yang tadinya belum diketahui. Empat planet yang berhasil ditemukan olehnya tersebut diberi nama HD31253b, HD218566b, HD177830c, dan HD99492c.


referensi :
www.suaramedia.com
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
dilicom@copyright. Powered by Blogger.