sybro's Profile on Ping.sg Belajar Jaringan Komputer Dasar ~ Bongkar Rahasia
Unduh Adobe Flash player

Monday, November 12, 2012

Belajar Jaringan Komputer Dasar



Sejak pertama diciptakannya, komputer terus mengalami perkembangan baik dari segi perangkat kerasnya (hardware) maupun dari segi perangkat lunaknya (software). Komputer terus dikembangkan salah satunya dengan cara membuat jaringan komputer agar bisa terhubung satu sama lain.

Jaringan komputer merupakan suatu rangkaian sistem yang bertujuan menghubungkan komputer-komputer agar dapat saling berinteraksi seperti berkomunikasi, berbagi file, mengontrol, atau mengatur suatu komputer dengan media jaringan tersebut. Setiap komputer yang terhubung dalam jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta atau menerima layanan disebut Client sedang pihak yang mengirim atau memberikan layanan disebut Server. Sistem ini disebut sebagai Client-Server dan banyak digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer saat ini.

Untuk dapat membuat jaringan komputer dan menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya, dibutuhkan kartu jaringan (Network Interface Card atau NIC). Kartu jaringan ini disebut juga Network Adapter merupakan media penghubung berupa hardware yang digunakan untuk menghubungkan antar perangkat jaringan (contoh: PC dengan PC). Dibawah ini adalah contoh NIC jenis UTP.
LAN Card


Kartu jaringan satu dengan yang lain dihubungkan melalui kabel atau nirkabel sebagai medium transmit data dalam jaringan komputer sederhana. Jika ingin membuat jringan yang lebih luas dibutuhkan perangkat pendukung lainnya sepeti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Pada sejarahnya, konsep jaringan komputer pertama kali diciptakan sekelompok mahasiswa di Universitas Harvard, Amerika Serikat pada tahun 1940-an. Mahasiswa tersebut membuat grup riset yang dipimpin oleh Prof. Howard Aiken dengan tujuan mengembangkan komputer Model I.

Dan pada tahun 1950-an seiring dengan perkembangan perangkat komputer sehingga terciptalah super komputer. Dan konsep jaringan komputer pun menglami perkembangan maka di ciptakanlah konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan TSS (Time Sharing System). Dan untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.

Lalu pada tahun 1996, Departemen Pertahanan Amerika Serikat, DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) mengadakan sebuah riset penelitian dengan menghubungkan beberapa komputer untuk membentuk jaringan organik. Riset ini di kenal dengan nama ARPANET. Hasil dari riset ini pun melahirkan sebuah sistem TCP/IP yang menjadi awal mula atau cikal bakal terbentuknya jaringan Internet.

Jaringan komputer terus mengalami perkembangan dari jaringan lokal hingga menjangkau jaringan yang lebih luas lagi bahkan seluruh dunia. Berikut dibawah ini adalah hasil dari pengembangan jangkauan jaringan komputer sehingga terbagi menjadi beberapa bagian.

1. LAN (Local Area Network)
Jaringan ini hanya mencakup wilayah yang sangat kecil, seperti di dalam ruangan, sekolah, gedung atau kantor. 

2. MAN (Metropolitan Area Network)
Merupakan suatu jaringan yang menghubungkan jaringan misalnya antar sekolah, perkantoran, pemerintahan atau yang lainnya. Jaringan ini hanya menjangkau satu kota antara 10 km hingga 50 km.

3. WAN (Wide Area Network)
Adalah jaringan komputer yang mencakup daerah yang labih luas lagi yang menghubungkan jaringan komputer antar wilayah, antar kota, bahkan antar negara.

4. Internet (interconnection-networking)
Saat ini jaringan komputer bisa saling terhubung secara global yang disebut dengan jaringan Internet. Jaringan ini dapat menghubungkan seluruh jaringan komputer di seluruh dunia dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran penggunanya.

Demikianlah penjelasan saya mengenai jaringan komputer. Semoga yang apa saya sampaikan dapat menambah pemahaman kita mengenai jaringan komputer terutama internet, karena masih banyak orang yang masih memiliki pemahaman yang kecil mengenai internet. Padahal dengan internet, kita bisa saling terhubung dan berkomunikasi dengan orang lain di manapun mereka berada karena itu merupakan hasil perkembangan teknologi untuk memudahkan kita dalam berinteraksi yang seharusnya kita manfaatkan dengan sebaik mungkin.
Comments
4 Comments

4 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Bagus gan artikelnya, sekalian mau share Tips Belajar jaringan, Jadikan Profesi dan Hasilkan Uang oleh Greg Lindberg Semoga Bermanfaat :). Salam kenal gan

    ReplyDelete
  3. kita juga punya nih jurnal mengenai vitamin, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5214/1/DOKUMEN%20PRESENTASI.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
dilicom@copyright. Powered by Blogger.