sybro's Profile on Ping.sg Mencegah Virus Dengan Mematikan Fitur Autorun atau Autoplay ~ Bongkar Rahasia
Unduh Adobe Flash player

Wednesday, October 3, 2012

Mencegah Virus Dengan Mematikan Fitur Autorun atau Autoplay


Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara Mencegah Virus Dengan Mematikan Fitur Autorun, mari kita bahas sedikit mengenai apa itu virus komputer?. Ok, langsung saja. Virus merupakan suatu program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya tersebut kedalam program atau dokumen lain. Virus komputer jika diumpamakan sepeti virus biologis yang menyerang makhluk hidup dan menyebar dengan cara menyisipkan dirinya ke sel makhluk hidup tersebut. Virus komputer dapat merusak (seprti file data, program, sistem, dan lainnya) yang membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa virus menyebar dan berkembang biak dengan cara menduplikat atau menyalin dirinya sendiri. Dan salah satu cara penyebaranya yaitu melalui media penyimpanan sperti CD-ROM, DVD-ROM, Flashdisk, dan sebagainya. Virus menyisipkan dirinya kedalam media tersebut yang ketika kita menghubungkan atau memasangkan media tersebut (sebagai contoh flashdisk) ke komputer, virus dan program yang ada di dalamnya akan secara otomatis dijalankan oleh fitur autorun yang di komputer. Dan akibatnya, virus menyisipkan dirinya kedalam komputer kemudian bekerja dan merusak program serta sistem di dalam komputer.

Autorun atau Autoplay merupakan suatu fasilitas di sistem operasi yang berfungsi menjalankan file secara otomatis ketika media seperti CD-ROM, DVD-ROM, Flashdisk, atau yang lainnya di hubungkan atau dipasangkan ke komputer. Oleh karena itu, saya akan berbagi tips Mencegah Virus Dengan Mematikan atau Menonaktifkan Fitur Autorun yang ada di komputer, berikut langakah-langkahnya dibawah ini.

Mematikan Autorun Pada Windows 7

1. Klik Start
2. Klik All Program
3. Klik Run (akan muncul menu run)
4. Ketik "gpedit.msc" (tanpa tanda kutip)
5. Setelah itu akan muncul jendela Local Group Polyci Editor
6. pada Computer Configuration 
7. klik Administrative Templates
8. Lalu buka Windows Components dan buka AutoPlay Policies
9. Klik kanan pada Turn off Autoplay pilih "edit"
10. Pada jendela Turn off Autoplay dan pilih Enable
11. Di bawah terdapat pilihan, pilih All drives, lalu Ok
12. Dan pada User Configuration ulangi langkah 7 sampai 11

Mematikan Autorun Pada Windows XP

1. Klik Start
2. Klik Run
3. Ketik "gpedit.msc" (tanpa tanda kutip)
4. Pada Computer Configuration
5. klik Administrative Templates
6. buka system
7. Pada Turn Off Autoplay klik kanan dan pilih"edit"
8. Pada jendela Turn off Autoplay pilih Enable
9. Di bawah Enable terdapat pilihan, pilih All drives, lalu Ok
10. Dan pada User Configuration ulangi langkah 5 sampai 9

Demikian tips Mencegah Virus Dengan Mematikan Fitur Autorun yang anda bisa coba sendiri. Cara ini sudah lama saya gunakan dan terbukti lumayan ampuh untuk meminimalisir infeksi dan serangan virus dari flashdisk yang dimasukan ke komputer. Dan semoga tips yang saya berikan ini bermanfaat bagi anda.


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
dilicom@copyright. Powered by Blogger.